Strategi Mempertahankan Bisnis di Tengah Banyaknya Kompetitor

Munculnya pesaing-pesaing bisnis kerap mengganggu eksistensi bisnis Anda. Pelajari cara bertahan dan menang dalam kompetisi bisnis yg ketat di sini.

Posts by:

Bisnis Cepat Bangkrut? Ini Penyebabnya

By on October 10, 2016

bangkrut aKetika bisnis bangkrut, para pemilik bisnis akan merasa tertekan, stres, dan frustasi, apalagi jika bisnis yang mereka jalankan sudah dijalankan untuk waktu yang cukup lama. Kebangkrutan pada bisnis memang kerap sekali terjadi dan saat ini sebuah bisnis bisa saja bangkrut hanya dalam waktu kurang dari satu tahun saja dikarenakan oleh berbagai alasan. Btw, apakah Anda tahu mengapa bisnis cepat bangkrut? Jika Anda seorang pebisnis pemula, ketahui apa penyebab permasalahan ini agar Anda bisa mencegahnya. Adapun penyebab kebangkrutan suatu bisnis secara umum adalah sebagai berikut:

Keuangan bisnis tidak dikelola dengan baik

Dalam menjalankan bisnis diperlukan manajemen atau pengelolaan keuangan yang baik. Dengan demikian, semua pendapatan dan pengeluaran bisnis bisa diketahui dan diatur sebagaimana mestinya sehingga pengeluaran tidak akan lebih besar dari pemasukan. Sayangnya, kebanyakan pemilik bisnis hanya memiliki manajemen keuangan yang baik di awal periode memulai bisnis saja, selebihnya mereka mengatur keuangan perusahaan sesuka hati mereka. Jika Anda juga melakukan hal ini, Anda akan merugi, apalagi jika Anda menggunakan keuntungan bisnis Anda hanya untuk kepentingan pribadi sendiri. Mungkin efeknya tidak akan terlihat secara langsung tapi lama kelamaan, bisnis Anda akan mulai goyah dan kemudian gulung tikar.

Pegawai yang suka korupsi

Pegawai adalah salah satu elemen penting dalam bisnis. Para pemilik bisnis biasanya sangat mempercayai para pegawainya dalam melakukan hampir seluruh kegiatan bisnis. Sayangnya, tidak semua pegawai bertanggung jawab dan bisa dipercaya. Mereka biasanya menyia-nyiakan kepercayaan demi memenuhi gaya hidup mereka yang glamor atau demi membuat diri mereka berbeda dari yang lainnya. Hal inilah yang membuat mereka pada akhirnya memanfaatkan segala kesempatan untuk menyalahgunakan dana perusahaan atau melarikan semua uang perusahaan. Oleh sebab itu, disarankan untuk berhati-hati dalam merekrut karyawan dan ada baiknya untuk tetap melakukan pengawasan terhadap semua pegawai. Apabila Anda menemukan keganjilan dari laporan keuangan yang dibuat, minta mereka untuk menjelaskan hal tersebut dan berikan sangsi tegas kepada pegawai yang sudah jelas bersalah. Hal ini wajib dilakukan agar tindakan korupsi di kantor Anda tidak terulang lagi.

Sepi pembeli berkepanjangan

Permasalahan ini memang kerap dialami oleh para pebisnis dan mereka dituntut untuk bisa mengatasinya sebaik mungkin. Sayangnya, bukannya membuat keadaan membaik tapi justru kebanyakan pemilik bisnis membuat tingkat penjualan mereka semakin anjlok. Hal inilah yang membuat mereka harus bangkrut. Lalu, apa yang Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu dulu akar pemasalahan ini agar Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Pada umumnya, sepinya pembeli berkepanjangan disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya adalah promosi dan pemasaran yang kurang aktif, produk yang tidak berkualitas, layanan pelanggan yang buruk, nama baik bisnis yang tercoreng, dan janji-janji manis kepada konsumen yang tidak pernah ditepati.

Ketika Anda sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab dari sepinya pembeli di toko atau perusahaan Anda, segera tindak lanjuti dan cari solusi terbaik agar konsumen kembali atau mempercayai Anda kembali. Sebagai contoh, jika masalah ini disebabkan karena layanan yang diberikan kurang optimal, perbaiki kualitas layanan Anda dengan menambah jumlah karyawan agar semua konsumen bisa ditangani secara maksimal atau jika konsumen mempermasalahkan pengiriman barang yang lambat, bekerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman yang lebih dipercaya dan dapat mengantarkan produk tepat waktu.