Strategi Mempertahankan Bisnis di Tengah Banyaknya Kompetitor

Munculnya pesaing-pesaing bisnis kerap mengganggu eksistensi bisnis Anda. Pelajari cara bertahan dan menang dalam kompetisi bisnis yg ketat di sini.

Bisnis

Tips agar Nasi Kotak Tidak Cepat Basi

By on December 2, 2016

nasi-kotak

 

Salah satu makanan pokok warga Indonesia adalah nasi. Untuk mendapatkan nasi tidak sulit jika tidak mau masak di rumah karena bisa pesan nasi kotak sesuai dengan selera. Nasi kotak merupakan jenis nasi yang biasanya dipesan oleh orang di saat ada acara seperti perpisahan, ulang tahun, pengajian, arisan, wisudah, rapat, dan berbagai acara-acara lainnya. Dengan memesan nasi kotak membuat pekerjaan lebih praktis karena tidak harus repot-repot menyiapkan segala sesuatunya. Tidak hanya itu saja, memesan nasi kotak dapat menghemat tenaga dan waktu. Untuk mendapatkan berbagai menu makanan nasi kotak Anda dapat buka FB FoodSpot Indonesia karena menawarakn jasa catering. Ada salah satu hal yang terkadang membuat penjual nasi kotak merasa khawatir pada bisnisnya yaitu nasi kotak cepat basi. Jika nasi kotak yang dipesan pelanggan cepat basi, bukan tidak mungkin akan kehilangan pelanggan. Dengan begitu, lambat laun usaha rumah makanan atau catering akan bangkrut. Sebagai seorang pengusaha nasi kotak sangat penting untuk mengetahui bagaimana caranya agar nasi kota tidak mudah basi. Berikut ini, tips agar nasi kotak tidak cepat basi.

Gunakan kotak nasi kedap udara

Cobalah ganti kebiasan Anda jika menggunakan kotak nasi yang tidak kedap udara. Jika terbiasa menggunakan kotak nasi yang tidak kedap udara untuk memenuhi pesanan pelanggan, ini bisa menjadi penyebab nasi  cepat basi. Untuk mencegah agar nasi kotak tidak cepat basi, Anda harus memilih kota nasi yang kedap udara. Sebaiknya gunakan kotak nasi yang terbuat dari bahan kertas dan bagian dalam di beri lapisan kertas untuk meletakan menu makanan. Dengan menggunakan kotak yang terbuat dari kertas, maka tidak cepat menimbulkan uap. Lain halnya dengan menggunakan bahan plastik atau steroform untuk nasi kotak, ini akan membuat nasi cepat basi karena cepat mengandung panas sehingga mengakibatkan timbulnya uap.

Pisahkan sayuran dengan nasi

Memasukan sayuran ke dalam kota nasi secara langsung memang lebih praktis. Namun, tahukah Anda dampak buruknya? Dampak mencampurkan sayuran menjadi satu di dalam nasi kota dapat membuat makanan tidak tahan lama. Apalagi sayuran atau lauk pauk lainnya dimasakan menggunakan kuah dan santan. Oleh karena itu, agar tidak membuat nasi kotak cepat basi sebaiknya pisahan antara nasi dengan lauk pauk. Gunakan wadah nasi yang telah tersedia bagian-bagian untuk meletakan makanan sebelum dimasukan ke dalam kotak. Jika tidak bungkus terlebih dahulu sayuran ke plastik, setelah itu baru disusun rapi di dalam kotak. Nah, bagi Anda yang saat ini bingung mencari menu catering untuk nasi kotak, FoodSpot menawarkan jasa catering untuk berbagai acara penting Anda.

Hindari menutup makanan disaat panas

Menutup makanan di saat masih panas bukan hal yang baik karena dapat menimbulkan uap air. Uap inilah yang nantinya akan menyebabkan nasi atau juga makanan yang ada di dalam nasi kotak cepat basi. Maka dari itu, saat Anda telah memasukan menu makanan dan nasi ke dalam kotak tapi masih panas sebaiknya hindari terlebih dahulu menutupnya. Biarkan terlebih dahulu nasi yang telah dimasukan ke dalam kota untuk beberapa menit. Jika sudah cukup dingin, barulah ditutup nasi kota tadi.

Itulah 3 tips agar nasi kota tidak cepat basi. Namun sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa semua bahan yang akan dimasak bersih. Semoga bermanfaat ya tips di atas buat ibu-ibu, khususnya penjual nasi kotak.

 

Langkah-Langkah dalam Pengembangan Website

By on October 30, 2016

Website sudah menjadi salah satu bagian dari para pengusaha atau pebisnis. Mengapa? Karena dengan adanya website dapat menjalin kedekatan dengan konsumen. Selain itu, adanya website memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak. Salah satu keuntungan yang didapatkan pebisnis dengan adanya atau menggunakan website yaitu dapat menjangkau pasar lebih luas. Pada intinya website digunakan sebagai sarana atau media promosi dan informasi untuk banyak orang. Kendati demikian, tidak semua orang dapat memanfaatkan website yang ada dengan baik sehingga website tidak dapat berkembang dengan baik. Website yang tidak berkembang, dapat menyebabkan apa yang diinginkan tidak akan berhasil. Jika hal ini tidak ingin terjadi, ini dia langkah-langkah dalam pengembangan website.

 

pengembangan-website

 

Melakukan analisa website

Sebelum akhirnya memutuskan membuat website, analisa sangat penting untuk dilakukan. Jadi, pertama-tama yang harus dilakukan adalah melakukan analisa terhadap website terlebih dahulu. Anda harus mengadakan analisa terlebih dahulu mengenai website yang akan dibuat atau digunakan. Cari tahu apa tujuan Anda membuat website ini hanya sekedar sebagai sarana komunikasi atau sebagai tempat promosi produk. Tidak hanya berupa dua hal itu saja yang harus dianalisa, Anda harus menganalisa cocok ditujukan pada siapa website ini. Analisa yang dilakukan tepat dan sesuai dengan tujuan, maka peluang dalam pengembangan website akan bagus. Masih merasa bingung dalam hal ini, Anda bisa mengujungi linik http://kana.co.id/website-development/ untuk mendapatkan informasi lebih banyak.

Mendesign website

Langkah kedua yang harus dilakukan setelah menganalisa dalam pengembangan website yaitu mendesign website. Yang kedua ini tidak hanya berupa mendesign website dari tampilan gambar semata. Namun, ada banyak yang harus didesign agar tampilan website tidak hanya menarik. Saat mendesign website, Anda harus memperhatikan soal penyajian halaman agar membuat orang lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang ada di website. Selain itu, perhatikan juga pemilihan warna, font, dan lain sebagainya. Untuk pemilihan warna sendiri hindari menggunakan warna yang dapat membuat mata orang yang melihatnya terasa sakit. KANA digital agency merupakan perusahaan yang dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan hasil design website yang manarik dan bagus karena telah berpengalaman dan telah berdiri sejak lama.

Mengisi website dengan informasi yang menarik dan menambahkan fitur-fitur modern

Membuat website dapat berkembang, langkah ketiga yang harus dilakukan yaitu mengisi website dengan informasi yang menarik dan menambahkan fitur-fitur modern. Tersedianya informasi yang menarik di dalam website, pastinya membuat orang tertarik. Untuk itu, isi website dengan informasi yang menarik dan mudah dipahami. Jika Anda memutuskan membuat website untuk bisnis online shop, maka tambahkan fitur-fitur modern seperti shopping cart, outo payment, online chatting, member area, dan lain sebagainya.

Melakukan uji coba pada website

Untuk mendapatkan perusahaan jasa website yang berkualitas mengetahui mengenai profil perusahaan sangat penting. Oleh karena itu, sebelum akhirnya melakukan uji coba pada website sebaiknya mengetahui satu hal ini terlebih dahulu. Ini dikarenakan sangat penting di dalam pengembangan website untuk melakukan uji coba terlebih dahulu agar hasilnya memuaskan. Jika hasilnya tidak bagus, dari uji coba inilah dapat diperbaiki sehingga menghasilkan karya yang menarik dan akhirnya keinginan untuk membuat pengembangan website dapat terjadi.

Yang tidak kalah pentingnya dilakukan setelah atau ketika website telah digunakan Anda harus tetap memonitoring website. Nah, itulah langkah-langkan dalam pengembangan website yang dapat Anda lakukan atau dicoba.

Bisnis Cepat Bangkrut? Ini Penyebabnya

By on October 10, 2016

bangkrut aKetika bisnis bangkrut, para pemilik bisnis akan merasa tertekan, stres, dan frustasi, apalagi jika bisnis yang mereka jalankan sudah dijalankan untuk waktu yang cukup lama. Kebangkrutan pada bisnis memang kerap sekali terjadi dan saat ini sebuah bisnis bisa saja bangkrut hanya dalam waktu kurang dari satu tahun saja dikarenakan oleh berbagai alasan. Btw, apakah Anda tahu mengapa bisnis cepat bangkrut? Jika Anda seorang pebisnis pemula, ketahui apa penyebab permasalahan ini agar Anda bisa mencegahnya. Adapun penyebab kebangkrutan suatu bisnis secara umum adalah sebagai berikut:

Keuangan bisnis tidak dikelola dengan baik

Dalam menjalankan bisnis diperlukan manajemen atau pengelolaan keuangan yang baik. Dengan demikian, semua pendapatan dan pengeluaran bisnis bisa diketahui dan diatur sebagaimana mestinya sehingga pengeluaran tidak akan lebih besar dari pemasukan. Sayangnya, kebanyakan pemilik bisnis hanya memiliki manajemen keuangan yang baik di awal periode memulai bisnis saja, selebihnya mereka mengatur keuangan perusahaan sesuka hati mereka. Jika Anda juga melakukan hal ini, Anda akan merugi, apalagi jika Anda menggunakan keuntungan bisnis Anda hanya untuk kepentingan pribadi sendiri. Mungkin efeknya tidak akan terlihat secara langsung tapi lama kelamaan, bisnis Anda akan mulai goyah dan kemudian gulung tikar.

Pegawai yang suka korupsi

Pegawai adalah salah satu elemen penting dalam bisnis. Para pemilik bisnis biasanya sangat mempercayai para pegawainya dalam melakukan hampir seluruh kegiatan bisnis. Sayangnya, tidak semua pegawai bertanggung jawab dan bisa dipercaya. Mereka biasanya menyia-nyiakan kepercayaan demi memenuhi gaya hidup mereka yang glamor atau demi membuat diri mereka berbeda dari yang lainnya. Hal inilah yang membuat mereka pada akhirnya memanfaatkan segala kesempatan untuk menyalahgunakan dana perusahaan atau melarikan semua uang perusahaan. Oleh sebab itu, disarankan untuk berhati-hati dalam merekrut karyawan dan ada baiknya untuk tetap melakukan pengawasan terhadap semua pegawai. Apabila Anda menemukan keganjilan dari laporan keuangan yang dibuat, minta mereka untuk menjelaskan hal tersebut dan berikan sangsi tegas kepada pegawai yang sudah jelas bersalah. Hal ini wajib dilakukan agar tindakan korupsi di kantor Anda tidak terulang lagi.

Sepi pembeli berkepanjangan

Permasalahan ini memang kerap dialami oleh para pebisnis dan mereka dituntut untuk bisa mengatasinya sebaik mungkin. Sayangnya, bukannya membuat keadaan membaik tapi justru kebanyakan pemilik bisnis membuat tingkat penjualan mereka semakin anjlok. Hal inilah yang membuat mereka harus bangkrut. Lalu, apa yang Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu dulu akar pemasalahan ini agar Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Pada umumnya, sepinya pembeli berkepanjangan disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya adalah promosi dan pemasaran yang kurang aktif, produk yang tidak berkualitas, layanan pelanggan yang buruk, nama baik bisnis yang tercoreng, dan janji-janji manis kepada konsumen yang tidak pernah ditepati.

Ketika Anda sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab dari sepinya pembeli di toko atau perusahaan Anda, segera tindak lanjuti dan cari solusi terbaik agar konsumen kembali atau mempercayai Anda kembali. Sebagai contoh, jika masalah ini disebabkan karena layanan yang diberikan kurang optimal, perbaiki kualitas layanan Anda dengan menambah jumlah karyawan agar semua konsumen bisa ditangani secara maksimal atau jika konsumen mempermasalahkan pengiriman barang yang lambat, bekerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman yang lebih dipercaya dan dapat mengantarkan produk tepat waktu.

Tips Sukses Berbisnis MLM

By on August 7, 2016

Berbisnis MLM (Multi Level Marketing) termasuk salah satu peluang bisnis yang cukup populer di kalangan masyarakat luas saat ini. Bagaimana tidak, bagi seorang penjual hal ini cukup mudah dilakukan karena modal yang digunakan sangat kecil, tapi bila mampu menarik banyak konsumen atau pelanggan dapat dipastikan mampu meraih untung besar. Bisnis dengan modal minim tapi untungnya meroket ini tidak hanya cocok dijalankan oleh seorang mahasiswa atau ibu-ibu rumah tangga, tetapi juga bisa dilaksanakan bagi mereka seorang karyawan untuk menambah penghasilan. Bahkan, bukan hanya gaji per bulan melainkan bonus dan juga insentif bisa didapat apabila mampu bertekun di bisnis ini dengan baik.

bisnis MLM

By the way, apakah Anda juga berminat menekuni bisnis MLM? Jika iya, ini menjadi kesempatan bagus buat Anda. Terlebih saat ini orang-orang lebih suka berbelanja secara online karena selain bisa mengirit biaya, juga bisa menghemat tenaga dan waktu karena tidak perlu capek-capek keluar rumah dan terkena macet di jalan. Langsung saja, untuk menjadi pebisnis MLM yang sukses Anda bisa ikuti tips berikut:

Bergabung dengan perusahaan yang reputasinya bagus

Mesti membeli barang secara online sangat menguntungkan, tapi banyak orang masih berpikir panjang untuk berbelanja karena merasa was-was, takut akan terkena tipu seperti yang sudah banyak dialami orang-orang pada umumnya. Penipuan dalam dunia maya memang kerap terjadi, utamanya karena konsumen tidak cermat memilih penjual online, tidak memperhatikan kredibilitas toko, testimoni dari para pelanggan, harga yang ditawarkan, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, bisa jadi penipuan terjadi karena kelalaian seorang pembeli. Namun saat ini pembeli online sudah cerdas dalam berbelanja, mereka sudah membaca banyak informasi khususnya di internet untuk dapat berbelanja online dengan aman dan nyaman, salah satunya memilih toko online yang sudah terkenal bagus reputasinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk bergabung dengan perusahaan yang memiliki reputasi bagus, baik itu kritikan para pelanggannya enak didengar, produknya berkualitas, maupun layanannya juga memuaskan. Ingat, reputasi perusahaan menjadi salah satu bagian penting untuk menarik konsumen, maka dari itu perlu memilih perusahaan dengan kriteria tersebut agar bisnis online bertahan jangka panjang.

Lakukan promosi dengan maksimal

Setelah Anda berhasil mendaftar dan bergabung dengan bisnis MLM yang reputasinya bagus, langkah selanjutnya harus memperkenalkan produk Anda ke banyak orang supaya bisa terjual. Promosi bisa Anda mulai dari hal yang terkecil, misalnya menawarkan dengan orang-orang lingkungan setempat, lalu ke daerah-daerah  lain, kemudian ke seluruh kawasan luas. Promosi tersebut bukan dijalankan secara langsung menuju lokasi, sangat keliru jika Anda beranggapan demikian, tapi dilakukan melalui media massa mulai dari media cetak, audio, sampai pada media sosial.

Dengan ketiga media tersebut, yakinlah konsumen yang bakal Anda peroleh tidak hanya berasal dari lingkungan tempat tinggal tetapi juga dari kawasan lain bahkan dari luar kota. Hanya saja, untuk memperoleh konsumen yang banyak Anda harus melakukan promosi dengan maksimal. Apalagi saat ini pesaing bisnis sudah berjibun, tentu akan sangat nihil hasil penjualan bila Anda mengabaikan promosi. So, prioritaskan strategi promosi Anda dengan baik untuk mendapat banyak pelanggan.

Perbanyak downline

Dalam bisnis MLM, berlaku adanya sistem organisasi. Jadi, ketika Anda sudah bertekun dalam bisnis ini maka dapat menarik orang lain untuk bekerja sama guna mendapatkan lebih banyak pelanggan (istilahnya merekrut downline atau memperbanyak jaringan). Semakin banyak donwline yang mampu direkrut maka penghasilan yang Anda dapat juga bakal semakin tinggi. Sebab, apabila donwline Anda mampu mencapai target, maka akan besar pula insentif yang Anda terima. Namun, bila penjualan donwline tidak mencapai rata-rata tentu akan kecil pula insentif yang Anda dapat. So, perbanyak downline dan beri motovatasi mereka agar bisa mencapai target dan mendapat penghasilan yang meroket sehingga tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri tetapi juga downline Anda.

Itulah ketiga langkah cukup simple dan sederhana yang dapat Anda aplikasikan untuk suskses dalam bisnis MLM. Memliki prencanaan yang matang untuk berbisnis dan bisa mengaplikasikannya secara maksimal, bukan tidak mungkin hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai catatan, layani pelanggan dengan baik agar mereka tertarik untuk berbelanja, contoh bila mereka mengajukan pertanyaan tentang cara berbelanja maka jawablah dengan sebaik dan secepat mungkin, sebab layanan menjadi faktor pendorong yang paling besar untuk memikat hati banyak pelanggan untuk berbelanja.