Strategi Mempertahankan Bisnis di Tengah Banyaknya Kompetitor

Munculnya pesaing-pesaing bisnis kerap mengganggu eksistensi bisnis Anda. Pelajari cara bertahan dan menang dalam kompetisi bisnis yg ketat di sini.

August, 2016

Tips Sukses Berbisnis MLM

By on August 7, 2016

Berbisnis MLM (Multi Level Marketing) termasuk salah satu peluang bisnis yang cukup populer di kalangan masyarakat luas saat ini. Bagaimana tidak, bagi seorang penjual hal ini cukup mudah dilakukan karena modal yang digunakan sangat kecil, tapi bila mampu menarik banyak konsumen atau pelanggan dapat dipastikan mampu meraih untung besar. Bisnis dengan modal minim tapi untungnya meroket ini tidak hanya cocok dijalankan oleh seorang mahasiswa atau ibu-ibu rumah tangga, tetapi juga bisa dilaksanakan bagi mereka seorang karyawan untuk menambah penghasilan. Bahkan, bukan hanya gaji per bulan melainkan bonus dan juga insentif bisa didapat apabila mampu bertekun di bisnis ini dengan baik.

bisnis MLM

By the way, apakah Anda juga berminat menekuni bisnis MLM? Jika iya, ini menjadi kesempatan bagus buat Anda. Terlebih saat ini orang-orang lebih suka berbelanja secara online karena selain bisa mengirit biaya, juga bisa menghemat tenaga dan waktu karena tidak perlu capek-capek keluar rumah dan terkena macet di jalan. Langsung saja, untuk menjadi pebisnis MLM yang sukses Anda bisa ikuti tips berikut:

Bergabung dengan perusahaan yang reputasinya bagus

Mesti membeli barang secara online sangat menguntungkan, tapi banyak orang masih berpikir panjang untuk berbelanja karena merasa was-was, takut akan terkena tipu seperti yang sudah banyak dialami orang-orang pada umumnya. Penipuan dalam dunia maya memang kerap terjadi, utamanya karena konsumen tidak cermat memilih penjual online, tidak memperhatikan kredibilitas toko, testimoni dari para pelanggan, harga yang ditawarkan, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, bisa jadi penipuan terjadi karena kelalaian seorang pembeli. Namun saat ini pembeli online sudah cerdas dalam berbelanja, mereka sudah membaca banyak informasi khususnya di internet untuk dapat berbelanja online dengan aman dan nyaman, salah satunya memilih toko online yang sudah terkenal bagus reputasinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk bergabung dengan perusahaan yang memiliki reputasi bagus, baik itu kritikan para pelanggannya enak didengar, produknya berkualitas, maupun layanannya juga memuaskan. Ingat, reputasi perusahaan menjadi salah satu bagian penting untuk menarik konsumen, maka dari itu perlu memilih perusahaan dengan kriteria tersebut agar bisnis online bertahan jangka panjang.

Lakukan promosi dengan maksimal

Setelah Anda berhasil mendaftar dan bergabung dengan bisnis MLM yang reputasinya bagus, langkah selanjutnya harus memperkenalkan produk Anda ke banyak orang supaya bisa terjual. Promosi bisa Anda mulai dari hal yang terkecil, misalnya menawarkan dengan orang-orang lingkungan setempat, lalu ke daerah-daerah  lain, kemudian ke seluruh kawasan luas. Promosi tersebut bukan dijalankan secara langsung menuju lokasi, sangat keliru jika Anda beranggapan demikian, tapi dilakukan melalui media massa mulai dari media cetak, audio, sampai pada media sosial.

Dengan ketiga media tersebut, yakinlah konsumen yang bakal Anda peroleh tidak hanya berasal dari lingkungan tempat tinggal tetapi juga dari kawasan lain bahkan dari luar kota. Hanya saja, untuk memperoleh konsumen yang banyak Anda harus melakukan promosi dengan maksimal. Apalagi saat ini pesaing bisnis sudah berjibun, tentu akan sangat nihil hasil penjualan bila Anda mengabaikan promosi. So, prioritaskan strategi promosi Anda dengan baik untuk mendapat banyak pelanggan.

Perbanyak downline

Dalam bisnis MLM, berlaku adanya sistem organisasi. Jadi, ketika Anda sudah bertekun dalam bisnis ini maka dapat menarik orang lain untuk bekerja sama guna mendapatkan lebih banyak pelanggan (istilahnya merekrut downline atau memperbanyak jaringan). Semakin banyak donwline yang mampu direkrut maka penghasilan yang Anda dapat juga bakal semakin tinggi. Sebab, apabila donwline Anda mampu mencapai target, maka akan besar pula insentif yang Anda terima. Namun, bila penjualan donwline tidak mencapai rata-rata tentu akan kecil pula insentif yang Anda dapat. So, perbanyak downline dan beri motovatasi mereka agar bisa mencapai target dan mendapat penghasilan yang meroket sehingga tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri tetapi juga downline Anda.

Itulah ketiga langkah cukup simple dan sederhana yang dapat Anda aplikasikan untuk suskses dalam bisnis MLM. Memliki prencanaan yang matang untuk berbisnis dan bisa mengaplikasikannya secara maksimal, bukan tidak mungkin hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai catatan, layani pelanggan dengan baik agar mereka tertarik untuk berbelanja, contoh bila mereka mengajukan pertanyaan tentang cara berbelanja maka jawablah dengan sebaik dan secepat mungkin, sebab layanan menjadi faktor pendorong yang paling besar untuk memikat hati banyak pelanggan untuk berbelanja.