Strategi Mempertahankan Bisnis di Tengah Banyaknya Kompetitor

Munculnya pesaing-pesaing bisnis kerap mengganggu eksistensi bisnis Anda. Pelajari cara bertahan dan menang dalam kompetisi bisnis yg ketat di sini.

Tips agar Nasi Kotak Tidak Cepat Basi

By on December 2, 2016

nasi-kotak

 

Salah satu makanan pokok warga Indonesia adalah nasi. Untuk mendapatkan nasi tidak sulit jika tidak mau masak di rumah karena bisa pesan nasi kotak sesuai dengan selera. Nasi kotak merupakan jenis nasi yang biasanya dipesan oleh orang di saat ada acara seperti perpisahan, ulang tahun, pengajian, arisan, wisudah, rapat, dan berbagai acara-acara lainnya. Dengan memesan nasi kotak membuat pekerjaan lebih praktis karena tidak harus repot-repot menyiapkan segala sesuatunya. Tidak hanya itu saja, memesan nasi kotak dapat menghemat tenaga dan waktu. Untuk mendapatkan berbagai menu makanan nasi kotak Anda dapat buka FB FoodSpot Indonesia karena menawarakn jasa catering. Ada salah satu hal yang terkadang membuat penjual nasi kotak merasa khawatir pada bisnisnya yaitu nasi kotak cepat basi. Jika nasi kotak yang dipesan pelanggan cepat basi, bukan tidak mungkin akan kehilangan pelanggan. Dengan begitu, lambat laun usaha rumah makanan atau catering akan bangkrut. Sebagai seorang pengusaha nasi kotak sangat penting untuk mengetahui bagaimana caranya agar nasi kota tidak mudah basi. Berikut ini, tips agar nasi kotak tidak cepat basi.

Gunakan kotak nasi kedap udara

Cobalah ganti kebiasan Anda jika menggunakan kotak nasi yang tidak kedap udara. Jika terbiasa menggunakan kotak nasi yang tidak kedap udara untuk memenuhi pesanan pelanggan, ini bisa menjadi penyebab nasi  cepat basi. Untuk mencegah agar nasi kotak tidak cepat basi, Anda harus memilih kota nasi yang kedap udara. Sebaiknya gunakan kotak nasi yang terbuat dari bahan kertas dan bagian dalam di beri lapisan kertas untuk meletakan menu makanan. Dengan menggunakan kotak yang terbuat dari kertas, maka tidak cepat menimbulkan uap. Lain halnya dengan menggunakan bahan plastik atau steroform untuk nasi kotak, ini akan membuat nasi cepat basi karena cepat mengandung panas sehingga mengakibatkan timbulnya uap.

Pisahkan sayuran dengan nasi

Memasukan sayuran ke dalam kota nasi secara langsung memang lebih praktis. Namun, tahukah Anda dampak buruknya? Dampak mencampurkan sayuran menjadi satu di dalam nasi kota dapat membuat makanan tidak tahan lama. Apalagi sayuran atau lauk pauk lainnya dimasakan menggunakan kuah dan santan. Oleh karena itu, agar tidak membuat nasi kotak cepat basi sebaiknya pisahan antara nasi dengan lauk pauk. Gunakan wadah nasi yang telah tersedia bagian-bagian untuk meletakan makanan sebelum dimasukan ke dalam kotak. Jika tidak bungkus terlebih dahulu sayuran ke plastik, setelah itu baru disusun rapi di dalam kotak. Nah, bagi Anda yang saat ini bingung mencari menu catering untuk nasi kotak, FoodSpot menawarkan jasa catering untuk berbagai acara penting Anda.

Hindari menutup makanan disaat panas

Menutup makanan di saat masih panas bukan hal yang baik karena dapat menimbulkan uap air. Uap inilah yang nantinya akan menyebabkan nasi atau juga makanan yang ada di dalam nasi kotak cepat basi. Maka dari itu, saat Anda telah memasukan menu makanan dan nasi ke dalam kotak tapi masih panas sebaiknya hindari terlebih dahulu menutupnya. Biarkan terlebih dahulu nasi yang telah dimasukan ke dalam kota untuk beberapa menit. Jika sudah cukup dingin, barulah ditutup nasi kota tadi.

Itulah 3 tips agar nasi kota tidak cepat basi. Namun sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa semua bahan yang akan dimasak bersih. Semoga bermanfaat ya tips di atas buat ibu-ibu, khususnya penjual nasi kotak.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *